Onigiri ala Indomaret Buatan Sendiri. Pakai Isian Bakso Pedas yang Nikmat

onigiri indomaret

Assalamualaikum!

Hari yang sibuk buat para emak yang anaknya sekolah. Di bulan Mei ini musimnya ujian ya. Ada yang UAS, ujian sekolah buat kelulusan (kan nggak ada ujian nasional), sampai persiapan ujian untuk masuk universitas impian. Semoga lancar buat anak-anak kita dan semangat selalu buat para emak! Aamiin.

Ngomongin sekolah, masih setia bawain bekal anak dong? Saya tentu saja masih. Meski nggak bisa (tepatnya: nggak mau) bikin bekal sekolah yang estetik, setidaknya perut anak aman karena kiriman makanan dari rumah. Andai nggak sempat bikin bekal, untuk anak yang rada gedean, bisa disuruh jajan aja di kantin. Ya nggak? 

Paling aman dari segi kebersihan dan kantong ya makanan bekal yang dibawa dari rumah. Saya biasa mengantar bekal sekolah mepet waktu istirahat makan siang. Supaya bekalnya fresh dan masih hangat. Sekolah si bungsu nggak sampai 1 km jaraknya, jadi termasuk dekat. Buat yang jarak sekolahnya jauh, biasanya sudah bawa bekal sejak berangkat. Sekalian, biar nggak repot.

Pernah juga ngebeliin bekal sekolah sekalian pas nganter. Mampir ke tukang dagang, masukin makanan ke kotak bekal kosong, terus lanjut ke sekolah. Bekal enak yang praktis itu nasi plus lauk favorit anak. Bisa nasi dipisah dengan lauk, atau yang disatukan seperti nasi bakar dan onigiri. 

Onigiri? Apa itu? Itu lho... nasi kepal bentuk segitiga ala Jepang yang didalamnya ada isian dan dibungkus dengan nori lembaran. Ini jadi kesukaan anak-anak saya. Mungkin berasa makan nasi bungkus ala Jepang gitu ya hehe.

onigiri indomaret
Onigiri, nasi bungkus ala Jepang :D

Dulu sih suka beli onigiri di Indomaret. Ternyata bukan saya dan anak-anak saya yang suka, banyak juga yang memfavoritkan onigiri Indomaret. Dulu sih isiannya ada yang pedas dan tidak pedas. Pakai daging ikan tuna dan ada juga yang isiannya daging ayam.

onigiri indomaret
Onigiri Indomaret (foto: klikIndomaret.com)

Harga onigiri Indomaret juga cukup terjangkau. Dulu aja saya beli satunya seharga 11 ribu. Kalau sekarang... hmm saya kurang tahu karena di dekat rumah saya Indomaret-nya nggak jualan onigiri. Mungkin sekitar 15 ribu? Koreksi saya kalau salah ya.

Masih ada hubungannya dengan Indomaret, saya sempat mengikuti lomba masak di akun Instagramnya. Sayang, karena kesalahan sendiri yang kurang lama semedi milih resep, saya gagal ke babak selanjutnya. Gapapa, jadi punya pengalaman bikin konten video masak tiga macam sekaligus sampai begadang dan jatuh sakit...

onigiri indomaret
3 resep untuk lomba: kimbab, musubi, dan onigiri

Nah kali ini saya mau berbagi resep onigiri buatan sendiri. Bahannya pakai yang ada di kulkas aja, yaitu telur dan bakso sapi. Boleh diganti bakso ayam atau bakso ikan.

Yuk ini dia resepnya...

onigiri indomaret

Resep Onigiri Bakso Pedas

Bahan:
  • 300 gr nasi pulen yang baru matang
  • 4 butir bakso sapi
  • 1 butir telur
  • 4 sdm saus sambal botolan
  • 2 sdm saus tomat botolan
  • 3 sdm mayones
Cara membuat:
  1. Rebus bakso sampai matang. Potong kotak kecil, sisihkan.
  2. Buat telur dadar. Angkat. Potong kotak kecil. sisihkan.
  3. Campur jadi satu: saus sambal, saus tomat, dan mayones.
  4. Membuat isian: campur jadi satu: bakso, telur dadar, dan saus. Aduk rata, sisihkan.
  5. Membuat onigiri dengan cetakan onigiri berbentuk segitiga. Jika tidak punya bisa membentuk segitiga dengan plastik dan dikepal dengan tangan.
  6. Siapkan 100 gr nasi pulen untuk 1 onigiri. Isi ke dalam cetakan segitiga sebanyak setengah bagian. Padatkan. Buat cekungan pada bagian tengahnya.
  7. Masukkan isian onigiri secukupnya. Tutup dengan nasi sampai cetakan penuh, padatkan.
  8. Membungkus onigiri. Ambil bungkus onigiri siap pakai. Lepaskan nasi dari cetakan dan taruh di bagian atas bungkusan nori. Lipat nori jadi dua bagian. Bungkus nasi sampai berbentuk segitiga. Rekatkan dengan isolasi di bagian luar. 
  9. Onigiri siap dinikmati atau dijadikan bekal.
Cara membuat onigiri secara komplit bisa dilihat pada video lomba berikut ini ya... 


Cara Membuka Bungkus Onigiri

Oia untuk bungkus onigiri, ada dijual khusus bungkusnya lho di toko online. Sudah kumplit dengan nori dan plastiknya. Apalagi plastiknya kan khusus ada tape pembukanya. Jadi mirip banget sama onigiri buat jualan.

Tapi kalau nggak ada bungkus onigiri siap pakai, bisa pakai nori lembaran biasa kok. Potong nori lembaran yang besar jadi 2 bagian. Lalu plastik bungkus luarnya bisa pakai plastik kiloan biasa. Ini agak repot sih pas bukanya karena ngga ada tape khusus. Gapapa, yang penting teuteup kemakan kaan...

Saat membungkus onigiri, saya langsung membungkus tanpa membuka plastik onigiri siap pakai. Jadi lapisannya begini: plastik - nori - plastik - nasi onigiri. Bisa aja sih langsung tempel nori ke nasi. Tapi nanti pas dimakan, norinya jadi lembek dan kurang renyah. Saya sih sering langsung bungkus onigiri langsung ke nori jika akan disantap segera.

onigiri indomaret
Nori pembungkus onigiri

Cara membuka bungkus onigiri emang sedikit ribet. Namanya usaha ya, agak ribet dikit tapi nanti kan jadi enak hehe. Berikut ini adalah tutorial cara membuka bungkus onigiri dari web klikindomaret.com:

onigiri indomaret

Gimana? Tertarik ingin membuat onigiri juga? Atau sekalian mau buat jualan? Wah, bisa banget. Dijamin laku deh. Saya pribadi belum berani (tepatnya malas) untuk berjualan onigiri. Selama ini baru sebatas hobi bikin onigiri banyak lalu dibagikan ke tetangga. Alhamdulillah responnya pada hepi semua. Itu sudah cukup buat bikin saya bahagia.

Selamat menikmati onigiri ala Indomaret buatan sendiri ^_^

onigiri indomaret

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Fashion & Beauty