Kenyal dan Nikmat: Tumis Jamur King Oyster

Assalamualaikum!

Sebagai penggemar jamur, rasanya kurang kalau belum mencoba segala jenis jamur. Tentu saja jamur yang bisa dimakan ya. Ada satu jenis jamur yang bikin saya penasaran, yaitu jamur king oyster.

Sempat lihat di postingan Mbak Ratna tentang jamur king oyster. Terus, saya lupa lagi mau nyobain itu jamur. Lalu nggak sengaja ketemu jamur ini pas scroll aplikasi belanja sayur online. Langsung masuk keranjang dong. Tapi begitu berangnya dateng, nggak langsung saya masak karena menunggu akhir pekan atau hari dimana suami saya WFH. Soalnya mau masak ini buat makan siang.

Jamur king oyster

Sedikit cerita tentang jamur king oyster. Disadur dari Wikipedia, jamur ini masih sodaraan dengan jamur tiram. Dikenal dalam bahasa Tionghoa sebagai jamur abalon atau xin bao gu. Tumbuhnya di padang rumput di sekitar Asia Selatan, Asia Tengah, an Eropa Selatan. Jamur ini juga bisa tumbuh di akar tanaman Eryngium yang sudah mati.

Endut dan cantik kan :D

Mempunyai nama latin Pleurotus eryngii, bentuknya yang besar membuat bisa bertahan 10 hari di kulkas. Batangnya tebal berwarna putih dengan payung khas jamur di atasnya. Biasa dimasak jadi sup atau digoreng karena tekstur daging jamurnya tebal seperti abalon.

Btw saya nggak tahu abalon seperti apa karena belum pernah memakannya. Abalon adalah sejenis kerang yang rasanya kenyal lembut dan rasanya mahal. Wah, kalau jamur king oyster ini dielu-elukan testurnya mirip abalon... saya jadi bisa pemanasan dulu sebelum ketemu abalon beneran, aamiin.

Batangnya tebel lho!

Akhirnya waktu yang dinanti pun tiba. Saya segera mengeluarkan jamur king oyster dari kulkas. Alhamdulillah, kondisinya masih segar karena terbungkus rapat. Sempat was-was, takut jamurnya busuk. Sayang kan. Sayang duitnya karena mahal hihihi.

Konon rasanya mirip abalon

Duh lagi mentahnya aja sudah bikin gemes. Saya jadi penasaran pengen nyobain matangnya seperti apa. Saya coba googling resepnya. Ada satu yang mengena di hati, yaitu di Youtube chef bule siapa lupa. Saya mau ngikutin masak itu juga ah. Walaupun chef itu nggak nyantumin resepnya, saya ngarang aja sendiri.

Yuk ah kita mulai eksekusi...

Resep Tumis Jamur King Oyster

Bahan:

  • 1 bungkus jamur king oyster, potong batangnya setebal 0,8 cm
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt kecap ikan
  • 1/4 sdt minyak wijen
  • 100 ml air matang
  • 1/2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • minyak goreng untuk menumis secukupnya
  • daun bawang untuk hiasan, iris tipis
  • chia seeds atau biji wijen secukupnya untuk taburan (optional)

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih sampai harum. 
  2. Masukkan jamur king oyster, aduk rata sampai agak layu.
  3. Tambahkan bumbu saus tiram, kecap manis, kecap asin, kecap ikan, minyak wijen, garam, merica, dan air matang. Aduk rata. Masak sampai jamur matang.
  4. Tambahkan maizena yang sudah dicairkan, aduk rata sampai mengental. Koreksi rasanya. 
  5. Sajikan dengan menata jamur ditaburi dengan irisan daun bawang dan taburan biji wijen atau chia seeds.

Sudah matang... ini penampakan Tumis Jamur King Oyster yang saya buat. Kebetulan waktu itu difoto menggunakan lampu yang baru saja saya beli. Berhubung masih gaptek nggak tahu cara pakai lampu yang benar, jadi harap dimaklumi yaa kalau fotonya kurang bagus.

Tumis Jamur King Oyster

Cobain, nyicip atu Makk...



Gimana rasanya? Yampuun... ini enak banget! Berasa bukan makan jamur karena teksturnya tebal. Kayak makan daging yang kenyal gitu. Yaa mungkin kayak daging abalon (buat yang sudah pernah makan). 

Nanti kalau nemu lagi di aplikasi belanja sayur online, saya pasti repeat order. Kemarin sempat nyari, stoknya kosong. Oia tentu saja saya akan beli lagi jamur king oyster dengan catatan sudah gajian dulu pastinya hehehe.

Selamat mencoba dan jatuh cinta dengan jamur king oyster :)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Fashion & Beauty