Mulai Diet Sekarang dengan Makanan Sehat dan Menu Bergizi

menu diet makanan sehat dan bergizi


Aduh, kepala mulai pusing berkunang-kunang nih. Alamat ada yang ngga beres dengan tubuh. 

Sejak punya riwayat kolestrol tinggi, saya mulai waspada dengan gejalanya. Salah satunya pusing berkunang-kunang, selain merasakan pegal di bagian pundak. 

Memang ya, faktor usia nggak bisa bohong. Menuju 50 tahun, mulai banyak penyakit berdatangan jika kita tidak menjaga kesehatan dengan baik.

Nggak mau dong kondisi badan yang penyakitan di hari tua. Saya harus menerapkan pola hidup sehat. Kalau badan sehat kan jadi bisa membersamai keluarga lebih lama. 

menu diet makanan sehat dan bergizi
Ingin lebih lama bareng keluarga

Diet dan Pola Hidup Sehat

Cara saya untuk memulai pola hidup sehat adalah dengan menjalani program diet. Eits, bukan diet sembarangan ya. Harus diet yang seimbang dong. Yaitu makan makan sehat dan bergizi.

Tidak lupa, diet nggak akan berhasil jika tidak menerapkan pola hidup sehat yang tidak kalah penting, yaitu olahraga dan cukup istirahat. Sebagai pemula, saya nggak langsung melakukan olahraga berat. Yang penting olahraganya bisa membakar kalori dan membuat tubuh bergerak aktif. Kalau bawaannya mager melulu mana bisa membakar kalori hehe.

menu diet makanan sehat dan bergizi
Jalan pagi di lapangan

Olahaga yang rutin saya lakukan adalah bersepeda dan jalan cepat. Kadang kalau sedang berstamina, saya lari-lari kecil. Nggak maksain harus lari nonstop. Pastinya bersepeda setiap hari selalu dilakukan karena sekalian belanja sayur atau beli keperluan ke depan komplek. Ada lagi olahraga baru yang ingin saya jalani, yaitu renang. Tapi waktunya belum ketemu yang pas.

Saya juga menerapkan istirahat yang cukup. Sebagai ibu rumah tangga yang menyambi kerja freelance di rumah, ada saja kegiatan 'pakepuk riweuh' yang bikin muter kayak kincir. 

Kalau sudah repot begini, saya nggak akan memaksakan diri. Saat merasa lelah, ya istirahat dulu. Sedangkan mengerjakan deadline sampai begadang sudah tidak saya lakukan lagi. Lebih baik mengurangi kerjaan di pagi hari, menggantinya dengan urusan deadline daripada harus begadang.

Menu Makanan Sehat dan Bergizi

Saya tuh aslinya doyan makan banget, lho. Plus hobi masak dan uji coba resep baru yang enak. Rasanya sedih karena saya masak enak buat keluarga, tapi saya sendiri nggak bisa ikutan makan karena mengandung kolestrol tinggi.

menu diet makanan sehat dan bergizi
Olahan telur ayam muda... sarat kolesterol :D

Etapi sedihnya nggak lama kok. Karena saya tahu, untuk konsisten diet kita harus punya panduan menu sehat dan bergizi. Biar badan nggak sakit-sakitan dan bonusnya dapat body goals siapa yang nggak seneng?

Dalam menentukan makanan sehat dan bergizi untuk diet, perhatikan jenis makanan yang cocok. Setiap orang punya kebutuhan makanannya masing-masing berdasarkan kondisi tubuhnya. Misalnya, untuk saya yang punya 'bakat' kolestrol tinggi dan asam urat, tentunya harus menghindari daging merah dan seafood.

Gimana sih caranya biatr konsisten menjalani diet sehat? 
  1. Cari tahu dulu makanan apa saja yang sesuai dengan kebutuhan badan kita. 
  2. Membuat daftar menu makanan. 
  3. Membuat jadwal makan. 
  4. Penuhi kebutuhan makanan sesuai pedoman gizi seimbang isi piringku.
  5. Gunakan metode telapak tangan untuk menentukan isi piring yang dimakan setiap hari. Meliputi: karbohidrat 1 tangkup tangan, protein 1 telapak tangan, sayur dan buah 1 kepalan tangan, dan lemak 1 ibu jari.

Contoh menu makanan sehat dan begizi yang pernah saya makan saat menjalani diet sehat yang aman untuk penderita kolestrol, asam urat serta diabetes:

Menu hari ke 1: nasi hitam, ikan bakar, lalap sambal 
menu diet makanan sehat dan bergizi

Menu hari ke 2: nasi putih, pepes tahu, lalap sambal
menu diet makanan sehat dan bergizi


Menu hari ke 3: nasi merah dan dada ayam panggang plus lalap sambal
menu diet makanan sehat dan bergizi

Menu hari ke 4: sandwich tuna
menu makanan sehat dan bergizi


Menu hari ke 5: kentang kukus, dada ayam lada hitam, sayur brokoli
menu diet makanan sehat dan bergizi


Menu hari ke 6: nasi putih, bawal kukus jahe, sayur oyong, selada
menu diet makanan sehat dan bergizi

Menu hari ke 7: mie goreng lemonilo dan telur ceplok dan sayuran

menu diet makanan sehat dan bergizi

Wah senangnya saat diet masih bisa makan mie. Kan ada mie Lemonilo. Terbuat dari saripati sayuran, tidak digoreng tapi dipanggang, juga tanpa pengawet. Jadinya aman banget buat yang lagi program diet karena mie Lemonilo rendah kalori.

Panduan Menu Makanan Sehat dari Lemonilo

Masih bingung gimana caranya untuk menentukan menu makanan sehat dan bergizi untuk program dietmu? Tenang saja, sekarang ada panduan lengkap menu makanan sehat dari Lemonilo.

Sebagai healthy brand consumer goods, Lemonilo mempunyai misi membuat hidup sehat bisa diakses siapa saja. Informasi kesehatan yang dijalankan Lemonilo diambil dari sumber terpercaya melalui berbagai media untuk masyarakat Indonesia.

Seri kedua dari Lemonilo Healthy Guidelines diterbitkan untuk membantu masyarakat Indonesia yang ingin memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi menu makanan sehat dan bergizi yang seimbang.

Panduan pola makan sehat ini bisa digunakan untuk mendukung diet sesuai kondisi tubuh dan kebutuhannya. Jadi kita nggak bingung lagi untuk menentukan makan sehat mulai dari mana.

menu diet makanan sehat dan bergizi
Ebook Lemonilo Healthy Guidelines

Kebutuhan makanan dihitung berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, berat dan tinggi badan. Jika makanan yang masuk tidak sesuai maka dikhawatirkan bisa menggangu kesehatan di kemudian hari. 

Jenis makanan dan jumlahnya dijelaskan secara rinci. Misalnya berapa kebutuhan karbohidrat, lemak, serat, vitamin dan mineral. Selain itu, dalam panduan ini juga dijelaskan secara lengkap apa saja makanan yang harus dibatasi dan yang wajib dikonsumsi. Keren banget kan? 

Penasaran pengen tahu seperti apa panduan makan sehat ini? E-book ini bisa diunduh secara gratis di link Menu Makanan Sehat
 
Setelah mengunduhnya, saya nggak bingung lagi bikin list menu makan sehat untuk pola hidup yang yang berkualitas. Yuk kita semangat sehat bersama!

menu diet makanan sehat dan bergizi
Hidup sehat yes!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Fashion & Beauty